Laporan Resmi Dynamic Routing (RIP) pada MikroTik

 I.                   Pendahuluan
Dynamic Routing (Router Dinamis) adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing secara otomatis, dengan mendengarkan lalulintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan antara router lainnya. Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang lain dan saling memberikan informasi satu dengan yang lain dan saling memberikan informasi routing yang dapat mengubah isi forwarding table, tergantung keadaan jaringannya. Dengan caraini, router-router mengetahui keadaan jaringan yang terakhir dan mampu meneruskan data kearah yang benar. Dengan kata lain, routing dinamis dalah proses pengisian data routing di table routing secaraotomatis.
Dynamic router mempelajari sendiri Rute yang terbaik yang akan ditempuhnya untuk meneruskan paket dari sebuah  network ke network lainnya. Administrator tidak menentukan rute yang harus ditempuh oleh paket-paket tersebut. Administrator hanya menentukan bagaimana cara router mempelajari paket, dan kemudian router mempelajarinya sendiri. Rute pada dynamic routing berubah, sesuai dengan pelajaran yang didapatkan oleh router.
Apabila jaringan memiliki lebih dari satu kemungkinan rute untuk tujuan yang sama maka perlu digunakan dynamic routing. Sebuah  dynamic routing dibangun berdasarkan informasi yang dikumpulkan oleh protokol routing. Protokol ini didesain untuk mendistribusikan informasi yang secaradinamis mengikuti perubahan kondisi jaringan. Protokol routing mengatasi situasi routing yang kompleks secara cepat dan akurat. Protokol routing didesain tidak hanya untuk mengubah kerute  backup bila rute utama tidak berhasil, namun juga didesain untuk menentukan rutemana yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.
Pengisian dan pemeliharaan tabel routing tidakdilakukan secara manual oleh admin. Router saling bertukar informasi routing agar dapat mengetahui alamat tujuan dan menerima tabel routing. Pemeliharaan jalur dilakukan berdasarkan pada jarak terpendek antara device pengirimdan device tujuan.
Ø  Ciri-Ciri Dynamic Routing
·         Router berbagi informasi routing secara otomatis
·         Jumlah gateway sangat banyak .
·         Routing tabel dibuat secara dinamik.
·         Membutuhkan protokol routing (contohnya RIP ,OSPF, dll ).
Ø  Macam-Macam dari Routing Dinamis (Dynamic Router) adalah
·       RIP (Routing Information Protocol)
·       IGRP (Internal Gateway Routing Protokol)
·       OSPF (Open Shortest Path First)
·       EIGRP (Enhanced Internal Gateway Routing Protokol)
·       BGP (Border Gateway Protokol)

RIP (Routing Information Protocol)
RIP yang merupakan routing protokol dengan algoritma distance vector, yang menghitung jumlah hop (count hop) sebagai routing metric. Jumlah maksimum dari hop yang diperbolehkan adalah 15 hop. Tiap RIP router saling tukar informasi routing tiap 30 detik, melalui UDP port 520. Untuk menghindari loop routing, digunakan teknik split horizon with poison reverse. RIP merupakan routing protocol yang paling mudah untuk di konfigurasi.
Ø  RIP memiliki 3 versi yaitu :
1.      RIPv1 merupakan bagian dari distance vektor yang mencari hop terpendek atau router terbaik,rip versi 1 juga merupakan class pul routing.
2.      RIPv2 merupakan bagian dari distance vektor yang mencari hop terpendek atau router terbaik,rip versi2 juga merupakan class list routing.
3.      RIPng
II.            Pembahasan dan Screenshoot
Ø  Langkah-langkah kerja
1.      Konfigurasi interface setiap router dan PC
2.      Konfigurasi routing protocol RIPv2 pada setiap router
3.      Verifikasi hasil konfigurasi
  1. Berikut ini adalah IP jaringan yang terkoneksi langsung dengan router 3 yaitu IP Addrees 10.1.3.2 yang berada pada jaringan 10.1.3.0 dengan menggunakan interface ether3 dan IP Address 192.168.3.1 di jaringan 192.168.3.0 dengan menggunakan interface ether7
  2. Berikut ini aadalah daftar interface dari rip yang ada di dalam  router 3
  3. Berikut ini aadalah daftar jaringanyang terkoneksi langsung dengan router 3
  4.  Membuat komunikasi dengan router tetangga dimana yang dimaksud tetangga di sini adalah yang terkoneksi langsung dengan router 3 (direct)
  5.  Berikut ini adalah daftar destination IP Address yang sudah berhasil saling terkoneksi setelah dilakukannya proses RIP



Komentar